Semesta Berbisik

We'ar All Human, Celebrate Diversity

MK Antropologi Kependudukan (UTS)

Hallo,
assalamualaikum...

Selamat datang di sistem perkuliahan online Senin 23 Maret 2020, hari ini kita akan mengadakan Unjian Tengah Semster (UTS). Sebelumnya saya merapa apes sekali, karena telfon genggam saya mengalami mati total 🙁 , beberapa hari yang lalu ia sempat memperlihatkan gejala yang tidak biasa, seperti mulai lemot, susah diisi daya dan beberapa kali mati sendiri.

Saya curiga ia kelelahan karena sering saya gunakan membaca beberap aplikasi, terlalu banyak grup WhatsAap yang di dalamnya beberapa mahasiswa saya layani, karena meminang saya sebagai pembimbing bayangannya. Saya betul-betul tidak bisa mengabaikan chat mereka, karena saya tahu bagaimana rasanya saat tidak mendapat respon. Hal itu rasanya seperti menunggu kabar dari odo’-odo‘ yang sedang menarik ulur perasaan.

Terlepas dari itu, karena hari ini saya sudah berjanji akan memberikan tugas buat teman-teman, maka telah saya susun soal dan aturan mainnya, meskipun dalam benak saya masih berpikir entah siapa yang akan saya hubungi untuk mengetahui kabar sedih ini. Semoga segera saya akan menemukan jalan keluarnya. Amin…

Adapun aturan main dalam mengerjakan solanya sebagi berikut:

Pertama, teman-teman yang mengambil mata kuliah ini berasal dari jurusan Pendidikan Antropologi angkatan 2018. Sebab jika bukan, tentu saya tidak bisa memberikan Anda nilai, karena nama Anda tidak terperogram dalam daftar hadir yang ada.

Kedua, teman-teman juga wajib membaca kisi-kisi yang telah saya berikan dalam tulisan saya sebelumnya, baik itu berupa tema besarnya maupun berupa makalah kelompok satu dan dua, juga beberapa bahan bacaan pelengkapnya.

Ketiga, untuk menjawab soal nantinya, teman-teman hanya diberi waktu hingga Pukul 15.00 WITA. Bagi teman-teman yang mengumpulkan setelah Pukul 15.00, maka apa yang ia kerjakana, dianggap gugur dan tidak akan saya periksa.

Ketiga poin A, soal yang saya berikan baiknya dikerjakan #dirumahaja untuk mendukung gerakan Work From Home (WFH). Soal ini juga bisa dikerjakan sambil rebahan, sambil dengar musik, atau sambil ngopi dengan sepiring pisang goreng.

Ketiga poin B, saya sangat memberikan apresiasi bagi teman-teman yang mengerjakan soal ini dengan tidak menggunakan cara lama dan usang. Seperti copy-paste dari internet, titip ke temannya agar dikerjakan, dieditkan dan diuploadkan (sungguh perilaku yang tidak terpuji), apalagi jika memberikan beberapa upah agar si teman bisa bekerja dengan baik. Mohon jangan lakukan itu.

Ketiga poin C, sekiranya teman-teman mencaplok, mengambil ide atau sedikit terisnpirasi dengan kata-kata dari buku, blog maupun sumber lain. Saya sangat mengapresiasi kelakuan itu jika teman-teman bisa menuliskan sumber putakanya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Keempat, teman-teman yang telah menyelesaikan soalnya, diarahkan mengupload pekerjaannya via drive ini (Soalnya juga bisa didaptakan pada drive ini). Formatnya; No. Absen – Nama – UTS Antropologi Kependudukan. Sebagai contohnya;  1 – Feby Triadi – UTS Antropologi Kependudukan.

Kelima, teman-teman mengerjakannya via MS Office Word (Maksimal 300 kata, Jika lebih 300 kata masih diperbolehkan, asal tidak lebih 2 halaman), lalu di-PDF-kan terlebih dahulu (dengan format penamaan poin empat di atas), Setelah dikerjakan, upload via Google Drive yang saya sertakan di atas juga.

Salam Hangat,
Feby Triadi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *