Semesta Berbisik

We'ar All Human, Celebrate Diversity

MK Antropologi Kependudukan (Kisi-Kisi)

Hallo 🙂

Senin, 23 Maret 2020 (mendatang)
(Pertemuan ke-8 Ujian Tengah Semester)

Selamat datang diperkuliahan dalam jaringan (daring) oleh Feby Triadi, semoga teman-teman cukup paham dengan model yang saya terapkan kali ini. Sebelumnya saya betul-betul kelabakan dengan kondisi yang ada, sebab beberapa fasilitas kampus tidak bisa saya akses sendiri.

Maka dari itu saya kemudian mencoba untuk menempuh jalan lain yang berbeda, dari hasil pengamatan saya via media sosial, kebanyakan dari teman-teman menggunakan aplikasi seperti Skype, Zoom Cloud Meeting dll, yang bisa mempertemukan beberapa orang di tempat yang berbeda dalam satu layar.

Awalnya saya juga merasa sangat kolot jika tidak menggunakan aplikasi itu, namu naif rasanya bagi saya jika harus menggunakan beberapa aplikasi dengan kuota internet yang minim, dan juga gaway yang saya andalkan sudah full storage. Hehe 😛

Namun yang harus digaris bawahi dalam keadaan seperti ini, saat semua pekerjaan dituntut serba cepat juga tepat, maka rebahan dan melambat adalah pilihan yang terbaik (Schwab, 2019). Hal inilah yang sedang terjadi, pertimbangan lainnya megapa saya belum menggunakan aplikasi di atas, karena beberapa kecurangan kecil bisa terjadi seperti ini (Instagram).

Dari situ saya memutar dan memeras otak agar tetap melaksanakan perkuliahan sesuai instruksi pimpinan. Mula-mula, dalam tulisan ini saya akan menlanjutkan pertemuan kita yang ke-8 dengan Ujian Tengah Semester (MID). Materinya bisa didapatkan dari materi umum kelompok satu dan materi umum kelompok 2, atau hasil makalahnya bisa dilihat di sini.

Saya juga sudah menyiapkan beberapa bahan bacaan lain yang bisa dilihat lewat sini: Konsep Proletarisasi dan Akumulasi Primitif dalam Teori Kependudukan Marxis, Anthropological Demography: Toward a New Synthesis, Antropologi & Kebijakan Publik, Antropologi & Pembangunan Indonesia . Saya sugguh berharap, selain bacaan di atas, teman-teman bisa mencari bahan tambahan di tempat-tempat lain.

Kedua, cara ini akan selalu saya gunakan sampai adanya kebijakan baru yang merestui kita untuk berjumpa, bertegur sapa dan sesekali bersanda gurau. Sehingga blog ini dipastikan akan menghiasi layar gaway teman-teman, tidak perlu panik karena blog ini tidak memuat sesuatu yang membahayakan kecuali tulisan-tulisan saya.

Sebagai penutup, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi teman-teman, karena sudah mengerti dengan kondisi yang ada saat ini semoga semuanya lekas berlalu. Untuk soal ujiannya, akan saya upload pada Senin, 23 Maret 2020 mendatang.

Salam Hangat,
Feby Triadi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *