Semesta Berbisik

We'ar All Human, Celebrate Diversity

MK Perubahan Kebudayaan dan Masyarakat (UTS)

Hallo,
Assalamualaikum…

Sebelumnya saya igin meminta maaf yang sebesar-besarnya, jika kemarin masih kelabakan dalam mencari model yang tepat untuk keperluan Ujian Tengah Semester (UTS), namun tentu itu menjadi pelajaran untuk kita semua. Hari ini Selasa, 24 Maret 2020 tidak banyak yang akan saya tuliskan dalam pertemuan kali ini.

Saya hanya mau bilang, di Bone langit begitu cerah, sehabis sholat subuh tadi saya langsung membuka leptop dan negupload materi soal yang hari ini akan teman-teman kerjakan. Pagi ini saya juga ditemani kopi, dan beberapa kue panganan khas Bugis.

Sebelumnya, saya sudah banyak membaca beberapa masukan terkait dengan model pembelajaran yang saya gunakan ini. Setelah saya berkeliaran di duni maya, dan membaca beberapa literatur mengenai perkuliahan online, di beberapa tulisan mereka ingin bilang jika kuliah online memang sedang marak dilakukan pada belahan duni manapun.

Negara yang jaringan internetnya sudah bukan masalah lagi, menataapkan kuliah daring sebagai solusi mereka. Naah, bagaimana dengan Indonesia? (tidak usah dijawab nah, beberapa dari teman-teman sudah menjawabnya sendiri dari pertanyaan refleksi yang saya berikan kemarin).

Namun sebaiknya itu jangan dibaca sebagai kendala oleh teman-teman, hal itu mestinya dibaca sebagai sebuah masalah yang mesti dipecahkan. Mari galakkan jika pengguna masih lebih cerdas dari gaway yang ada di tangan Anda, dengan begitu saya harap tidak ada lagi rasa mengeluh dari teman-teman terkait perkuliahan online seperti ini.

Tidak banyak yang akan saya sampaikan dalam tulisan ini, saya hanya akan mengcopy beberapa aturan main dalam mengerjakan soal ujian kali ini, Adapun aturan main dalam mengerjakan solanya sebagai berikut:

Pertama, teman-teman yang mengambil mata kuliah ini berasal dari jurusan Pendidikan Antropologi angkatan 2018 dan beberapa teman-teman yang program. Sebab jika bukan, tentu saya tidak bisa memberikan Anda nilai, karena nama Anda tidak terperogram dalam daftar hadir yang ada.

Kedua, teman-teman juga wajib membaca kisi-kisi yang telah saya berikan dalam makalah yang sudah disebar via grup WhatsApp, dan telah saya satukan dalam sini.

Ketiga, untuk menjawab soal yang saya berikan, teman-teman hanya diberi waktu hingga Pukul 15.00 WITA. Google Drive akan saya tutup setelah pukul 15.00 bagi teman-teman yang mengumpulkan setelah Pukul 15.00, maka apa yang ia kerjakana, dianggap gugur dan tidak akan saya periksa.

Ketiga poin A, soal yang saya berikan baiknya dikerjakan #dirumahaja untuk mendukung gerakan Work From Home (WFH). Soal ini juga bisa dikerjakan sambil rebahan, sambil dengar musik, atau sambil ngopi dengan sepiring pisang goreng.

Ketiga poin B, saya sangat memberikan apresiasi bagi teman-teman yang mengerjakan soal ini dengan tidak menggunakan cara lama dan usang. Seperti copy-paste dari internet, titip ke temannya agar dikerjakan, dieditkan dan diuploadkan (sunggu perilaku yang tidak terpuji), apalagi jika memberikan beberapa upah agar si teman bisa bekerja dengan baik. Mohon jangan lakukan itu.

Ketiga poin C, sekiranya teman-teman mencaplok, mengambil ide atau sedikit terisnpirasi dengan kata-kata dari buku, blog maupun sumber lain. Saya sangat mengapresiasi kelakuan itu jika teman-teman bisa menuliskan sumber pustakanya sesuai dengan kaidah penulisan yang ada.

Keempat, teman-teman yang telah menyelesaikan soalnya, diarahkan mengupload pekerjaannya di sini. Formatnya; No. Absen – Nama – UTS Perubahan Masyarakat dan Kebudayaan. Sebagai contohnya;  1 – Feby Triadi – Perubahan Masyarakat dan Kebudayaan.

Kelima, teman-teman mengerjakannya via MS Office Word (Maksimal 2 halaman), lalu di-PDF-kan terlebih dahulu (dengan format penamaan poin empat di atas), Setelah dikerjakan, upload via Google Drive yang saya sertakan di atas juga.

Salam Hangat,
Feby Triadi 🙂

1 comment on “MK Perubahan Kebudayaan dan Masyarakat (UTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *